Kalender Hijriah


Jumat, 17 Mei 2013

REGISTER UNIVERSAL


Sebuah register geser universal merupakan suatu logika sirkuit terpadu yang dapat mentransfer data dalam tiga mode yang berbeda. Seperti paralel mendaftarkannya dapat memuat dan mengirimkan data secara paralel. Suka register geser dapat memuat dan mengirimkan data dalam mode serial, melalui bergeser ke kiri atau shift kanan. Selain itu, register geser universal dapat menggabungkan kemampuan kedua register paralel dan shift untuk menyelesaikan tugas bahwa baik tipe dasar dari register dapat melakukan sendiri. Misalnya, pada sebuah pekerjaan tertentu register universal dapat memuat data secara seri (misalnya melalui suatu urutan bergeser kiri) dan kemudian mengirimkan / data output secara paralel.

register geser Universal, karena semua jenis register, yang digunakan dalam komputer sebagai elemen memori. Walaupun jenis-jenis perangkat memori yang digunakan untuk penyimpanan yang efisien volume yang sangat besar data, dari perspektif sistem digital ketika kita berkata memori komputer yang kita maksud register. Pada kenyataannya, semua operasi dalam sistem digital dilakukan pada register. Contoh operasi tersebut termasuk perkalian, pembagian, dan transfer data.

Agar universal shift register untuk beroperasi dalam mode tertentu, pertama-tama harus memilih mode. Untuk mencapai pemilihan mode register universal menggunakan satu set dua switch pemilih, S1 dan S0. Seperti terlihat pada Tabel 1, setiap permutasi dari switch sesuai dengan "loading" / mode input.
Mode Operasi      S1    S0
Dikunci                 0        0
Shift-Kanan           0        1
Shift-Waktu          1        0
Loading paralel     1         1

Tabel 1

Dalam mode terkunci (S1S0 = 00) mendaftar tidak mengakui data, sehingga isi register tidak terpengaruh oleh apa pun yang terjadi pada masukan. Anda dapat memverifikasi detail ini dengan bermain-main dengan rangkaian interaktif utama. Misalnya, mengatur siklus L3L2L1L0 = 1010 dan kemudian jam untuk melihat bahwa tidak ada perubahan pada output selama S1S0 = 00. Lihat Tabel 2.
Jam Siklus L2 L3 L0 L1 Q3 Q2 Q1 Q0
Nilai awal   1   0    1    0   0    0    0    0
Siklus         1   1    0    1   0    0    0    0

Tabel 2

Dalam modus pergeseran-kanan (S1S0 = 01) masukan serial mengaku dari Q3 ke Q0. Anda dapat mengkonfirmasi aspek ini dengan menetapkan nilai dari saklar pergeseran kanan menurut urutan 1100100 saat Anda siklus clock; lihat Tabel 3. Watch sebagai sinyal berpindah dari Q3 ke Q0. Dalam modus pergeseran-kiri (S1S0 = 10) mendaftarkan bekerja dengan cara yang sama, kecuali bahwa sinyal berpindah dari Q0 ke Q3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar