Kalender Hijriah


Selasa, 21 Mei 2013

CLOCK


Pengertian
            Clock adalah salah satu masukan yang ada dalam beberapa rangkaian Flip-flop. Rangkaian komputer menggunanakan ribuan flip-flop. Untuk mengkoordinasi kegiatan keseluruhan, sinyal umum yang bernama kunci-waktu (clock) dikirimkan ke setiap flip-flop. Sinyal ini mencegah flip-flop berubah keadaan sebelum waktunya.
Gambar dibawah merupakan contoh yang menunjukkan kunci waktu positif. Ia membuat flip-flop menunggu masukannya sampai pada saat kunci-waktu berubah dari rendah ke tinggi. Karena sinyal kunci-waktu (ditulis CLK) menggerakkan kedua gerbang AND, maka CLK rendah mencegah S dan R untuk mencapai masukan flip-flop. Karena itu, dengan S tinggi dan R rendah pada masukan gerbang, flip-flop harus menunggu kunci-waktu menjadi tinggi, sebelum Q dapat di-Set menjadi 1. Sebaliknya, dengan S rendah dan R tinngi pada gerbang, flip-flop harus menunggu CLK tinggi, sebelum Q dapat di-Reset ke 0.

Gambar kunci waktu positif





   Beberapa jenis flip-flop yang menggunakan clock antara lain :
1.      SR FLIP-FLOP dengan CLOCK
2.      D FLIP-FLOP
3.      JK FLIP-FLOP
4.      T FLIP-FLOP

Fungsi Clock pada FLIP-FLOP
Clock dalam flip-flop berfungsi sebagai pengatur input yang bertujuan untuk merespon apakah keluaran pada rangkaian flip-flop tersebut akan berubah atau tidak.
Flip-flop akan merespon inputan apabila sinyal pendetak (clock) telah tiba / aktif (nilai clock berlogika 1), dengan kata lain jika pulsa pendetak belum tiba / tidak aktif (nilai clock berlogika 0) maka flip-flop tidak akan merespon inputan yang masuk.
Pada SR flip-flop dengan clock, agar flip-flop bekerja secara serempak, maka perlu ditambahkan gerbang untuk memungkinkan pemberian sinyal clock yang akan mernyerempakkan flip-flop ini, artinya keadaan flip-flop hanya akan berubah bila diberi sinyal clock. Begitupun pada flip-flop lain yang menggunakan Clock sebagai sinyal perespon masukannya, harus menunngu datangnya sinyal pendetak baru setelah itu aka berubah keadaan.

2 komentar: