Kalender Hijriah


Sabtu, 04 Mei 2013

Pengertian Dan Fungsi Motherboard




A.PENGERTIAN MOTHERBOARD
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen sertachip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.

B.FUNGSI MOTHERBOARD
Secara umum, motherboard mempunyai fungsi  mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer* Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi  mengatur data komponen komputer lain* Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard

HADDISK
Harddisk adalah media penyimpanan yang di desain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam suatu disket dan juga membutuhkan media penyimpanan berkas misalnya suatu database suatu instansi.

Processor

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Processor

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi.




1 komentar: