Kalender Hijriah


Jumat, 12 April 2013

RANGKAIAN REGISTER


REGISTER
  • Sekumpulan sel biner (Flip-Flop) yang dipakai untuk menyimpan informasi yang disajikan dalam bentuk sinyal biner
  • Dilakukan melalui pengaturan keadaan sejumlah flip-flop dalam register secara serentak sebagai satu kesatuan.
1 Flip flop = 1 bit
Register 8 bit = data 0 s.d 255 desimal
  • Data yang diberikan pada masukan disimpan dan ditahan di dalam register.
  • Setelah Penahanan terjadi, keadaan keluaran register tidak akan berubah walaupun masukannya berubah, 
  • Berfungsi sebagai penyangga (buffer). 

  • Ada dua jenis Register
    1. Shift Register ( Serial)
    2. Paralel Register (Buffer)

    Rangkaian dan prinsip kerja counter pada jam digital
    A. Gambar Rangkaian
    Gambar Rangkaian Counter Jam Digital

    B. Prinsip kerja counter pada jam digital

        Detik

          Satuan


    Detik pada jam memiliki satuan sebanyak 10 bit (0-9), oleh karena itu pada satuan detik menggunakan counter mode 10 (pembagi 10). Menggunakan counter JK 4 input.

    Biner 10 = 1010

    Untuk itu, nilai biner 10 di set menjadi 0000,agar pada hitungan ke 10 satuan detik pada jam digital akan mulai kembali dari 0 (nol).

    Untuk menjadikan nilainya menjadi 0000, maka pada input yang menghasilkan nilai 1 dihubungkan dengan menggunakan gerbang NAND. Kemudian hasilnya, di masukkan kembali ke Clr (clear).

    Kemudian hasil dari input terakhir akan masuk sebagai CLOCK pada puluhan detik pada jam digital.

    Begitu seterusnya.


          Puluhan

    Detik pada jam digital memiliki puluhan sebanyak 6 bit (0-5), oleh karena itu pada puluhan detik menggunakan counter mode 6 (pembagi 6). Menggunakan counter JK 3 input, atau untuk menyamakan juga bisa mneggunakan counter JK 4 input.

    Biner 6 = 0110

    Untuk itu, nilai biner 6 di set menjadi 0000, agar pada hitungan ke 6 puluhan detik pada jam digital akan kembali dihitung bernilai 0 (nol).

    Untuk nilai clock pada puluhan ini, diperoleh dari hasil input terakhirpada satuan detik jam.

    Kemudian untuk menjadikan nilai biner 6 menjadi 0000, maka pada input yang menghasilkan biner 1, adihubungkan dengan gebang NAND, sehingga hasilkan akan 0 (nol). Kemudian hasilnya di masukkan kembali k Clr (Clear).

    Begitu seterusnya.


        Menit

          Satuan


    Untuk satuan pada menit jam digital mempunyai prinsip kerja yang sama dengan satuan detik pada jam digital. Hanya saja, untuk Clock pada satuan menit diperoleh dari hasil input terakhir pada puluhan detik.


          Puluhan

    Puluhan menit juga memiliki prinsip kerja yang sama dengan puluhan pada detik jam digital. Tetapi, untuk Clocknya diperoleh dari hasil input terakhir pada satuan menit jam digital tersebut.


        Jam

          Satuan


    Satuan jam menggunakan Counter Mode 4, karena pada saat nilai satuannya 4 akan kembali disetting bernilai 0 (nol). Sama dengan menit dan detik. Biner dari 4 adalah 0100. Sehingga yang perlu di set 0 (nol) hanya 1 input saja. Kemudian hasilnya juga akan dimasukkan ke Clr (clear).

    Hasil input terakhir, akan dijadikan nilai Clock pada puluhan jam.

          Puluhan

    Puluhan jam, menggunakan Counter Mode 2. Karena itu pada saat nilai puluhannya 2 akan dihitung kembali dari 0 (nol). Biner 2 adalah 0010, sehingga yang perlu di setting bernilai 0 (nol) hanya 1 input saja. Untuk itu hasil input yang bernilai 1, dihubungkan dengan gerbang NAND kemudian hasilnya dimasukkan ke Clr (clear).

    Gambar Rangkaian
    prinsip kerja

    Jam Digital pada dasarnya menerapkan prinsip kerja dari rangkaian counter yang disusun secara bertingkat. Counter pertama untuk menghitung menit dan counter kedua untuk menghitung jam. Rangkaian counter diwakili dengan melakukan pengurangan isi register secara looping. Tampilan angka dilakukan oleh rutin program yang melakukan scaning display terus-menerus. Timer interup digunakan untuk menginterupsi rutin program scan display setiap 50 ms. Interupsi ini memanggil beberapa rutin seperti, couter jam dan menit, perbaharui tampilan, cek tombol, dan konversi biner ke seven segmen.








1 komentar: