Kalender Hijriah


Rabu, 10 April 2013

7 Tips AKU SIAP Ujian Nasional

Sahabat,

Tidak terasa, tinggal beberapa hari lagi, pagelaran Ujian Akhir Nasional tahun pelajaran 2012-2013, akan segera diselenggarakan. Mereka yang duduk dibangku SMU dan setaranya akan lebih dahulu tampil, disusul siswa SMP dan terakhir SD.

Jadwal yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) adalah sebagai berikut :

1. SMA dan MA, Senin 15 – 18 April 2013.
2. SMK dan SMAL B, Senin 15 – 17 April 2013.
3. SMP, MTs dan SMPL B, Senin 22 – 25 April 2013.
4. SD dan MI, Senin 6 – 8 Mei 2013.

Pertanyaan yang kemudian terlintas, ”Sudah siapkah, sahabat-sahabat kita dalam menghadapi ujian akhir ini?”.

Berikut ini, kubagikan 7 jurus jitu AKU SIAP Ujian Nasional :

1. Awali setiap hendak memulai ujian dengan DOA (disarankan membaca surat Al-Fatihah [1]: 1-7 dan Al-Baqarah [2]: 1-5).
2. Kumpul dan rangkum secara RINGKAS PELAJARAN yang akan menjadi materi ujian.
3. Usahakan untuk TIDAK MELIBATKAN DIRI dengan kegiatan/kesenangan yang kurang manfaat selama menghadapi UN.
4. Siapkan segala KEPERLUAN UJIAN, seperti alat tulis, kartu peserta ujian dan konsentrasi.
5. Ingatlah, selalu berpikiran KHUSNUDHAN. (Allah berfirman, ”Aku tergantung pada prasangka hamba-Ku...”)
6. Asupan SARAPAN PAGI jangan diremehkan, dan JAGAlah KESEHATAN.
7. Pastikan sebelum berangkat ujian, untuk meminta DOA RESTU orangtua

Dari Abu Hurairah ra. berkata, bersabda Rasulullah saw.,

”Allah berfirman, ’Aku tergantung pada prasangka hamba-Ku,

- Aku bersamanya jika ia mengingat-Ku.
- Jika ia mengingat-Ku dalam jiwanya, maka Aku mengingatnya dalam diri-Ku.
- Jika ia mengingat-Ku dalam lintasan pikirannya, niscaya Aku akan mengingatnya akan kebaikan dirinya (amal-amalnya).
- Jika ia mendekat kepada-Ku setapak, maka Aku akan mendekatkannya kepada-Ku sehasta.
- Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatkannya kepada-Ku sedepa.
- Jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan, maka Aku akan menghampirinya dengan berlari’.”

(HR. Bukhari dan Muslim).

SELAMAT MENEMPUH UJIAN AKHIR NASIONAL, SEMOGA LANCAR, SUKSES DAN LULUS.

====( Mari Berdo'a )=====

“Ya Allah, ajarilah aku akan segala hal yang bermanfaat bagiku dan berilah manfaat semua pengetahuan yang telah aku pelajari. Sungguh Engkau Zat Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana ”

Aamiin Ya Rabbal'alamiin.


Semoga doa-doa yang selalu kita panjatkan di ijabah oleh Allah SWT.

=====( Semoga Bermanfaat )=====

Tidak ada komentar:

Posting Komentar