MODUL
AutoCAD 2002
AutoCAD 2002
- PENGGUNAAN KOORDINAT
Untuk menentukan posisi dari
suatu obyek dapat digunakan 5 macam type koordinat
- Koordinat Cartesian :
- Masukkan : (x,y,z), bila z tidak dimasukkan z = 0
- Contoh : Titik A adalah 1 satuan X, 2 satuan Y, dan 3 satuan Z, maka masukkan 1,2,3
- Koordinat Polar :
- Masukkan : (r < q), jarak dari titik acuan serta sudut sumbu X
- Contoh : Titik A berjarak 3 satuan dari (0,0,0) membentuk sudut 45°, maka masukkan : 3<45
- Koordinat Cylindrical :
- Masukkan : (r<q,z), jarak dari titik acuan, sudut terhadap sumbu X (pada bidang XY), serta ketinggian (Z) terhadap bidang XY
- Contoh : titik A berjarak 3 satuan dari (0,0,0), membentuk sudut 45° pada bidang XY, dan ketinggian 5 satuan terhadap bidang XY, maka masukkan : 3<45,5
- Koordinat Spherical :
- Masukkan : (r<q<a), jarak dari titik acuan, sudut terhadap sumbu X (pada bidang XY), serta sudut terhadap bidang XY
- Contoh : Titik A berjarak 3 satuan dari (0,0,0), membentuk sudut 45° terhadap sumbu X pada bidang XY, serta sudut 60° terhadap bidang XY, maka masukkan 3<45<60
- Koordinat Relative
- Digunakan untuk menyatakan pergeseran terhadap suatu titik acuan baru. Cara ini sangat efektif dan cepat pada gambar-gambar teknik, juga pada saat editing.
- Masukkan : penambahan tanda @ pada awal masukan koordinat ( Cartesian, Polar, Cylindrical, ataupun Spherical)
- Contoh : @3<45 (berarti dari titik terakhir bergeser….self solution)
- MEMPERSIAPKAN BIDANG GAMBAR
Perintah yang
digunakan untuk mempersiapkan bidang gambar antara lain :
- UNITS
Digunakan untuk
mengubah notasi koordinat, jarak, dan sudut sesuai kebutuhan pemakai. Pilihan UNITS
yang disediakan AutoCAD adalah :
- Scientific : 2.175E + 01
- Decimal : 21.75
- Engineering : 1’-9.75’’
- Architectural : 1’-93/4’’
- Fractional : 141/2
Command : UNITS¿
Untuk sudut :
Ø
Decimal Degrees
Ø
Degrees/Minutes/Second
Ø
Grads
Ø
Radians
Ø
Surveyor’s units
- LIMITS
Digunakan untuk
menentukan batas daerah gambar, sehingga daerah kerja menjadi spesifik pada
area tertentu :
Command : LIMITS¿
ON/OFF/ <Lower left corner>
<0.0000,0.0000> :¿
Upper right corner : (masukkan koordinat untuk bagian atas kanan sesuaikan dengan skala
gambar)
- MVSETUP
Alternatif lain
yang digunakan untuk menentukan batas gambar adalah dengan menggunakan perintah
MVSETUP
Command :
MVSETUP¿
Enable paper
space? (No/Yes) : N
Units type
(Scientific/Decimal/Engineering/Architectural/Metric)
Enter scale
factor :
Enter the paper
width :
Enter the paper
height :
- OBJECT SNAP
Object Snap
digunakan untuk memilih atau mengunci (lock) suatu titik dari obyek tertentu
secara tepat dan akurat sesuai dengan object snap yang anda gunakan.
- Snap From : untuk memilih titik secara umum
- Snap to Endpoint : untuk memilih titik akhir dari suatu obyek gambar
- Snap to Midpoint : untuk memilih titik tengah dari suatu obyek gambar
- Snap to Intersection : untuk memilih titik perpotongan dari dua obyek
- Snap to Apparent Intersection : untuk memilih dua obyek yang seolah-olah berpotongan (biasanya dipakai dalam menggambar 3D)
- Snap to Center : untuk memilih titik pusat dari sebuah lingkaran atau busur (arc)
- Snap to Quadrant : untuk memilih kuadran dari sebuah lingkaran
- Snap to Perpendicular : untuk memilih titik pada obyek yang tegak lurus dengan target OSNAP
- Snap to Tangent : untuk memilih titik pada lingkaran atau arc yang merupakan garis singgung terhadap lingkaran atau garis lengkung tersebut
- Snap to Node : untuk memilih sebuah titik (point)
- Snap to Insertion : untuk memilih titik penempatan dari Shape, Text, Attribute, Definition dan Block
- Snap to Nearest : untuk memilih sebuah titik yang visual paling dekat pada suatu obyek.
- Snap to Quick : untuk memilih obyek secara cepat
- Snap to None : untuk menon-aktifkan OSNAP
- Running OSNAP : untuk mengaktifkan OSNAP secara otomatis
- Calculator
Catatan : ada beberapa options
dalam penggunaan object snap
- Untuk mempercepat perintah object snap dapat digunakan perintah OSNAP pada command prompt. Pada layar akan muncul kotak drafting settings untuk memilih object snap yang akan diaktifkan
- Dengan mengklik osnap pada status bar (bagian bawah layar)
- Dengan menekan tombol SHIFT+klik mouse kanan, maka anda tidak perlu menekan statusbar OSNAP
- TOMBOL KHUSUS
- ESC : membatalkan suatu perintah atau proses
- ¬(back space): digunakan pada command line untuk membatalkan suatu perintah
- ¿ Enter : pengulangan perintah yang baru saja dilakukan
- Spacebar : sama seperti enter
- F6 : On/Off display koordinat layar
- F7 : On/Off titik-titik bantu (Grid)
- F8 : On/Off modus gerak lurus (ORTHO)
- F9 : On/Off modus gerak terukur (SNAP)
- Insert : mengaktifkan kursor Screen Menu pada layar kanan gambar
- Panah (arrow) : memilih command pada screen menu
- PERINTAH SINGKAT
- L : Lne
- A : Arc
- E : Erase
- P : Pan
- C : Circle
- U : Undo
- R : Redraw
- Z : Zoom
- T : Text
- CP : Copy
- KONTROL LAYAR KERJA (ZOOM)
Perintah zoom dapat anda ketikkan
pada command line dengan huruf Z kemudian enter.
Command : Z ¿
All/Center/Dynamic/Extents/Left/Previous/Vmax/Window/<Scale(X/XP)>
:
§
All : untuk melihat seluruh gambar
§
Center : untuk melihat gambar dengan menentukan
pusat pandangannya dan menentukan diameter atau tingginya
§
Dynamic : untuk melihat gambar dengan cara
menentukan besarnya kotak dan menentukan letak kotak.
§
Extents : untuk melihat gambar satu layar penuh
§
Left : untuk melihat gambar dengan menentukan
letak pusat sebelah kiri dan besarnya daerah pandang
§
Previous : untuk kembali kepandangan sebelumnya
§
Window : untuk melihat gambar dengan menentukan
besarnya kotak, dengan cara menentukan titik pojok kotak yang satu diagonal.
§
Scale : untuk melihat gambar dengan menentukan
skala perbesarannya.
DASAR-DASAR 2D
Berisi perintah dasar
penggambaran 2 dimensi
- LINE
Perintah line digunakan
untuk membuat garis lurus standart yang terdiri dari segment yang
terpisah-pisah. Dengan line dimungkinkan membuat banyak garis sekaligus sampai
pengguna (user) menekan Return/Enter
pada option to point (blank)
Command : LINE ¿
Specify first point : ( klik dilayar
posisi 1 )
Specify next point or [Undo] : (klik
dilayar posisi 2)
Specify next point or [Undo] : (klik
dilayar posisi 3)
Specify next point or [Close/Undo] : ¿
- CIRCLE
Perintah circle
digunakan untuk membuat lingkaran
Command : CIRCLE ¿
Specify center point for circle or
[3P/2P/TTR (tan tan radius)] :
·
3P :
membuat lingkaran dengan menggunakan tiga titik
·
2P :
membuat lingkaran dengan dua titik
·
TTR: Tangent-Tangent-Radius. Lingkaran dibuat
berdasarkan garis singgung
·
Center point : menentukan titik pusat lingkaran
- DONUT
Mirip dengan
CIRCLE, namun mempunyai dua lingkaran paralel
Command : DONUT ¿
Specify inside diameter of donut
<0.5000> :
Specify outside diameter of donut
<1.0000> :
Specify center of donut or <exit> :
Specify center of donut or <exit> : ¿
- ARC
Perintah ARC
memungkinkan untuk membuat busur lingkaran
Command : ARC ¿
Specify start point of arc or [Center]
Specify second point of arc or
[Center/End]
Specify end point of arc :
Gabungan
perintah yang ada dalam perintah ARC antara lain :
·
3-point :
membuat arc dengan menentukan tiga buah titik
·
Start-Center :
membuat arc dengan menentukan titik awal dan titik pusat arc
·
Start-End :
membuat arc dengan titik awal dan titik akhir
·
Center-Start :
membuat arc dengan menentukan dulu titik pusat lalu titik awal
·
Continue :
melanjutkan arc atau garis sebelumnya
- POLYLINE
Perintah untuk
menggambar Polyline yang merupakan gabungan dari beberapa garis namun merupakan
satu obyek utuh. Penggunaan Polyline mempunyai beberapa keuntungan dalam
penggambaran 3D :
·
Mempermudah pemilihan pada penggantian layer,
pembuatan permukaan 3D (Revsurf, Edgesurf, Rulesurf, Tabsurf), dan memanipulasi
obyek 2D menjadi 3D
·
Mengurangi jumlah vertex pada perintah Revsurf
dibandingkan menggunakan line sebagai obyek yang diputar.
·
Polyline memungkinkan membentuk kurva-kurva yang
tidak lazim (iregular-curve) dan mengatur ketebalan garis yang dibuat.
Command :
PLINE ¿
Specify start point : (klik dilayar)
Current line width is 0.0000
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]
: @5<0
Specify next point or
[Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width] : @3<90
Specify next point or
[Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width] : @5<180
Specify next point or
[Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width] : C
- 3D POLYLINE
Perintah 3D
Polyline mirip dengan 2D polyline namun dimungkinkan dimasukkan koordinat 3
dimensi.
Command : 3DPOLY ¿
Specify start point : (klik dilayar)
Specify end point or [Close/Undo] :
·
Close : menggambar sebuah segment tertutup pada
titik awal dan titik akhir 3D POLY
·
Undo : membatalkan gambar segmen terakhir
·
Endpoint of line : memilih titik selanjutnya
untuk menggambar segment
- ELIPSE
Perintah ini
digunakan untuk membuat bentuk elips atau lingkaran isometrik. Cara pembuatan
analog dengan CIRCLE dan ARC, dan hanya membutuhkan sedikit latihan untuk
memahami options Axis dan Rotation
Command: ELLIPSE ¿
Specify axis endpoint of ellipse or
[Arc/Center] : C
Specify center of ellipse : (klik titik 1)
Specify endpoint of axis : (klik titik 2)
Specify distance to other axis or
[Rotation] : (klik titik 3)
- POLYGON
Metode
pembuatan segi banyak sisi, ada tiga macam cara pembuatan yaitu Inscribed (di dalam lingkaran), Circumscribed (di luar lingkaran), dan
dengan menentukan panjang sisi
- Pembuatan polygon di dalam lingkaran
Command :
POLYGON ¿
Enter number of
sides <6> : 6
Specify center
of polygon or [Edge] : (klik di layar)
Enter an option
[Inscribed in circle/Circumscribed about circle] <I> : I
Specify radius
of circle : 5
- Pembuatan polygon diluar lingkaran
Command :
POLYGON ¿
Enter number of
sides <6> : 6
Specify center
of polygon or [Edge] : (klik di layar)
Enter an option
[Inscribed in circle/Circumscribed about circle] <I> : C
Specify radius
of circle : 5
- Pembuatan polygon metode penentuan panjang sisi
Command :
POLYGON ¿
Enter number of
sides <6> : 6
Specify center
of polygon or [Edge] : E
Specify first
endpoint of edge : (klik sembarang posisi di layar)
Specify second
endpoint of edge : @6<0
- HATCH
Perintah hatch
digunakan untuk memberikan arsiran suatu bidang yang tertutup. Untuk melakukan
pengarsiran dapat dilakukan perintah :
Prosedur yang
umum dilakukan pada perintah yang terdapat pada dialog box BHATCH (H) :
1.
Pilih jenis arsiran yang dikehendaki (pattern type)
2.
Pilih daerah yang akan diberi arsiran (Pick points)
3.
Menampilkan arsiran sementara (Preview hatch)
4.
Menerapkan arsiran (Apply)
- TEXT
Suatu gambar
terkadang membutuhkan keterangan yang bisa dipenuhi dengan perintah TEXT, yang
mempunyai banyak pilihan dalam penempatan posisi text.
Command : TEXT ¿
Current text
style : “Standart” Text height : 0.20
Specify stsrt
point of text or (Justify/Style) : (klik dilayar)
Specify height
<0.2000> : 0.3
Specify rotation
angle of text <0> : (enter)
Enter text :
Enter text :
(enter)
Bila anda
mengetikkan J pada command diatas maka akan muncul :
Align/ Fit/
Center/ Middle/ Right/ TL/ TC/ TR/ ML/ MC/ MR/ BL/ BC/ BR :
(pilih style
justification yang anda inginkan dengan memasukkan namanya pada prompt) pilihan
justification :
·
Align :
menentukan dimensi text, align mengatur tinggi text
·
Fit :
mirip align, dengan fit anda menentukan titik awal dan titik akhir
kemudian memadatkan huruf agar
masuk kedalam dua titik yang
anda tentukan.
·
Center :
text ditengahkan pada titik awal, dengan garis dasar pada titik
awal
·
Middle :
text ditengahkan pada titik awal, garis dasar agak dibawah titik awal
·
Right :
text diratakan ke sebelah kanan titik awal, dengan garis dasar berada pada
titik awal
·
TL, TC, TR :
TL (Top Left), TC (Top
Center), TR (Top Right),
text sepenuhnya dibawah titik awal dan dibuat rata kiri, tengah, kanan.
·
ML, MC, MR : ML (Middle Left), MC (Middle
Center), MR (Middle Right), mirip dengan TL, TC, TR kecuali titik awal
menentukan di tengah-tengah antara garis dasar dan bagian atas huruf kecil
text.
·
BL, BC, BR :
BL (Bottom Left), BC (Bottom Center), BR (Bottom Right), mirip TL, TC, TR
tetapi titik awal menentukan lokasi paling bawah dari huruf text
- SPLINE
Perintah SPLINE
digunakan untuk menampilkan bentuk curve yang lebih tepat dan halus
Command : SPLINE
¿
Specify first
point or [Object] :
Specify first
point :
Specify first
point or [Close/Fit Tolerance] <start tangent>
MODIFY
Perintah editing
dan modify digunakan untuk mengubah dan mengatur tampilan obyek.
1. MOVE
Digunakan untuk memindahkan suatu
obyek dari suatu titik awal ke titik baru yang dituju.
Command : MOVE ¿
Select objects : (pilih object)
Select objects : (enter)
Specify
basepoint or displacement : ENDP ¿
Of (pilih
object)
Specify
second point of displacement or <use first point as displacement> : ENDP
Of (pilih
object)
2. COPY
Digunakan
untuk memperbanyak obyek.
Command : COPY ¿
Select objects : (pilih object)
Select objects : (enter)
Specify
basepoint or displacement or [Multiple] : (klik sembarang)
Specify
second point of displacement or <use first point as displacement> :
@5<0
- OFFSET
Digunakan untuk
membuat objek baru berjarak x dengan
mengambil bentuk obyek acuan
Command :
OFFSET ¿
Specify offset
distance or [trough] <Trough> : 2
Select object
to offset or <exit> : (klik titik 1)
Specify point
on side to offset : (klik titik 2)
Select object
to offset or <exit> : (enter)
- MIRROR
Digunakan untuk
membuat cerminan obyek yang dipilih, sumbu pencerminan dapat berupa 2 buah
titik koordinat ataupun 2 titik yang dipilih pada layar. Setelah melakukan
pencerminan diberikan pilihan untuk menghapus obyek yang asli yang telah
dicerminkan.
Command :
MIRROR ¿
Select object :
(pilih obyek)
Select object :
(enter)
Specify first
point of mirror line : ENDP ¿
Of (klik titik
1)
Specify second
point of mirror line : (klik titik 2)
Delete source
objects? [Yes/No] <N> : (enter)
- RECTENGULAR ARRAY
Menyalin obyek
dalam bentuk kolom dan baris
Command : ARRAY
¿
Select object :
Select Object :
(enter)
Enter the type
of array [Rectangular/Polar] <R> : R
Enter the
number of rows (---) <1> : 3
Enter the
number of columns ( êêê)
<1> : 3
Enter the
distance between rows or specify unit cell (---) : 2
Specify the
distance between columns ( êêê)
: 3
- POLAR ARRAY
Menyalin obyek
dengan menentukan suatu pusat dan sudut perputaran
Command : ARRAY
¿
Select objects
:
Select objects
: (enter)
Enter the type
of array [Rectangular/Polar] <R> : P
Specify center
point of array :
Enter the
number of items in the array : 5
Specify the
angle to fill (+=ccw,-=cw) <360> : (enter)
Rotate arrayed
objects? [Yes/No] <Y> : (enter)
- ROTATE
Digunakan untuk
memutar obyek yang dipilih dengan pusat perputaran dan sudut tertentu
Command :
ROTATE ¿
Current
positive angle in UCS : ANGDIR = counterclockwise ANGBASE = 0
Select objects
:
Select objects
: (enter)
Specify base
point : ENDP ¿
Of (klik titik)
Specify
rotation angle of [Reference] : 45
- ALIGN
Perintah align
memungkinkan untuk melakukan Move dan Rotate dengan menggunakan tiga pasang
titik sumber dan titik yang dikehendaki. Align dapat digunakan untuk gambar 2D
maupun 3D.
Command : ALIGN
¿
Select objects
:
1st
source point :
1st
distination point :
2nd
sorce point :
2nd
distination point :
3rd
source point :
<2d> or
3d transformation :
- SCALE
Digunakan untuk
mengubah ukuran (size) obyek
Command : SCALE
¿
Select Object :
Base Point :
<Scale
factor> ? Reference
- TRIM
Perintah Trim
digunakan untuk memotong atau menghapus bagian dari garis, atau lingkaran
dengan menggunakan dua atau lebih obyek sebagai bidang potong, trim lebih
sering efisien dibanding dengan perintah Break terutama untuk pemotongan pada
lingkaran, garis-garis yang saling bersilangan, atau pada pemotongan dengan
melibatkan banyak pembatas.
Command : TRIM ¿
Current
settings : Projection=UCS Edge=None
Select cutting
edges…
Select object :
(klik titik 1)
Select object :
(klik titik 2)
Select object :
(enter)
Select object
to trim or [Project/Edge/Undo] : (klik titik 3)
Select object
to trim or [Project/Edge/Undo] : (enter)
- EXTEND
Perintah extend
digunakan untuk mengubah panjang obyek dengan menggunakan obyek lain sebagai
batas pemanjangan
Command :
EXTEND ¿
Current
settings : Projection = UCS Edge = None
Select boundary
edges…
Select object :
(klik titik 1)
Select object :
(enter)
Select object
to extend or [Project/Edge/Undo] : (klik titik 2)
Select object
to extend or [Project/Edge/Undo] : (enter)
- FILLET
Perintah fillet
digunakan untuk menghubungkan dua garis dengan sebuah busur berjari-jari
tertentu. Pada banyak kasus perintah ini digunakan untuk melengkungkan bagian
yang bersudut, terutama untuk proses permesinan.
Command :
FILLET ¿
Current
settings : Projection = UCS Edge = None
Select first
object or [Polyline/Radius/Trim]
·
Radius : untuk menentukan radius bulatan
·
Polyline : untuk membulatkan sebuah obyek
polyline secara serempak
- CHAMFER
Chamfer mirip
dengan fillet, namun chamfer menggunakan garis dengan kemiringan tertentu (user
setting)
Command :
CHAMFER ¿
(TRIM mode)
Current chamfer Distl=0.5000, Dist2=0.5000
Select first
line or [Polyline/Distance/Angle/Trim/Method] :
·
Distance : untuk mematahkan obyek garis
·
Polyline : untuk mematahkan obyek polyline
- BREAK
Perintah break
digunakan untuk membagi atau menghapus suatu bagian dari garis, busur, atau
lingkaran dengan menggunakan dua titik sebagai batas perpotongan.
Command : BREAK
¿
Select object :
(klik titik 1)
Specify second
break point or [First point] : (klik titik 2]
Pilihan yang
ada pada perintah Break :
1 point select :
memutus obyek tunggal, sehingga obyek menjadi dua obyek yang berbatasan. Pilih
obyek yang akan di-break lalu pilih titik dimana pemutusan dilakukan
1 point :
mirip dengan 1 point select, tetapi hanya diminta memilih obyek, pemutusan
ditempatkan di titik pemilihan
2 point select :
memutus obyek agar ada celah di dalam obyek, pilih obyek lalu pilih dua titik
yang mendefinisikan lokasi celah
2 point :
mirip 2 point select, tapi menggunakan titik pemilihan sebagai titik pertama
dalam celah, lalu pilih ujung lain dari pemutusan atau celah.
- PAN
Digunakan untuk
menggeser pandangan layar (screen) dengan menggunakan dua buah titik yang
dipilih. Pergerakan layar ini seolah-olah memakai ujung kertas dan menariknya
kearah dan sejauh yang dikehendaki. Toolbar PAN terletak dikelompok standard
Toolbar.
Command : PAN¿
Displacement :
(titik acuan awal)
Second point :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar