Kalender Hijriah


Rabu, 05 Juni 2013

Format Laporan Praktikum


Nah yang sering jadi kendala dalam penyusunan adalah format dari laporan itu sendiri apa. Untuk mahasiswa mungkin laporan praktikum tidak menjadi soal karena sudah terbiasa, tapi bagi yang baru pertama kalinya membuat laporan praktikum tentu agak kebingungan. Melalui enteri ini saya mau mensharingkan cara membuat laporan praktikum. Format standar yang saya sering buat seperti berikut:

-Cover laporan
  Judul praktikum kamu, kelompok/nama serta kelasmu, dan dibagian paling bawah sering disertakan pemerintahan daerah mana// dinas pendidikan //terus nama sekolah kamu //beserta kota kamu //dan tahun pembuatan laporan kamu ), kadang kala ada guru yang meminta untuk membuat laporannya di buku tugas sehingga saya meninggalkan bagian cover ini.
1. Pendahuluan
    Bab pertama biasanya berisi:
1.1 Tujuan percobaan
      Tujuan dari diadakannya praktikum tersebut atau setelah harapan yang didapat setelah melakukan praktikum ini.
Kamu juga bisa menambahkan subbab mengenai "Rumusan Masalah" karena biasanya dalam praktikum (SMP/SMA) sering disertai dengan pertanyaan-pertanyaan.
1.2 Alat dan bahan
      Alat dan bahan dari praktikum.
1.3 Dasar teori
      Landasan atau teori mengenai praktikum kamu, misalnya kamu praktik mengenai pemuaian zat padat, di dasar teori ini salah satunya memuat mengenai faktor yang mempengaruhi besarnya pemuaian benda.
1.4 Langkah kerja
      Langkah-langkah dalam pratik, kamu juga bisa menambahkan gambar pada langkah kerja untuk memperjelas.
2. Isi
    Masuk ke bab II ada:
2.1 Data hasil percobaan
       Hasil praktik/percobaan kamu masukkan pada subbab ini.
2.2 Pembahasan
      Berisi pembahasan mengenai data hasil percobaan kamu. Bila ada subbab "Rumusan Masalah" maka pada sussab ini juga diisi dengan jawababn atas pertanyaan-pertanyaan.
3. Penutup
    Wih gak kerasa sudah bab akhir (sederhana kan), isinya:
3.1 Kesimpulan
      kesimpulan dari hasil yang kamu dapat dari percobaan kamu;garis besar dari pembahsan kamu.
3.2 Saran
      Saran untuk para praktikan lain yang nantinya akan melakukan pratik yang sama dengan apa yang kamu telah lakukan, istillahnya share pengalaman lah.
-Daftar  pustaka
  Sumber dari dasar teori kamu, cara penulisannya nama pengarang dibalik(.)tahun terbit(.)judul buku dicetak miring(.)kota penerbit(:)penerbit.
Bagaimana mudahkan membuat laporan praktikum itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar