Kalender Hijriah


Senin, 14 Januari 2013

KEINGINAN



KEINGINAN


Bagaimanapun sulitnya keadaan yang sedang Anda jalani saya mau mengajak Anda meyakini bahwa hari ini dapat lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok dapat lebih baik dari hari ini. Lebih dari waktu-waktu yang lalu, kita harus mengobarkan kembali harapan dalam hati kita. Kalau harapan kita kecil, pencapaian kita juga kecil. Sebaliknya harapan yang besar akan memampukan kita melakukan hal-hal yang besar.

Dengan kayakinan seperti demikian, ijinkan saya bertanya satu hal penting “Apa yang Anda ingin capai dalam sisa tahun 2012 ini?” Dapatkah Anda menuliskannya di atas selembar kertas? Dapatkan Anda menggambarkannya dalam pikiran Anda?

Untuk membantu Anda melakukannya, bayangkan sebuah toko serba ada/toserba. Di setiap toserba, menilai situasi merupakan kegiatan rutin setiap hari. Seorang manager toko membuat keputusan tentang produk apa yang perlu lebih banyak, produk apa yang perlu dikurangi, dan produk apa yang perlu dikembalikan karena tidak laku sebagaimana diharapkan.

Sama dengan itu, untuk menuliskan keinginan, duduklah dan bagi secarik kertas kosong menjadi tiga kolom. Kolom pertama beri tajuk “perlu lebih banyak”, kolom kedua beri tajuk “perlu dikurangi”, dan kolom terakhir beri tajuk “tinggalkan/biarkan pergi”.

Dalam kolom pertama, tuliskan hal-hal yang Anda pikir perlu lebih banyak dilakukan, seperti “lebih banyak waktu bersama keluarga” atau sebaliknya “lebih banyak waktu untuk bekerja”. Dalam kolom kedua tuliskan hal-hal yang perlu Anda kurangi, seperti “mengurangi rasa benci terhadap seseorang” atau “mengurangi konsumsi cokelat.” Pada kolom terakhir, tuliskan hal-hal yang mulai hari ini Anda lupakan dan biarkan pergi, seperti “tinggalkan penyesalan atas kesalahan masa lalu ”, atau “hentikan kebiasaan untuk selalu merasa lebih hebat dibandingkan orang lain.” Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar