Kalender Hijriah


Sabtu, 10 November 2012

PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI GENERASI KETIGA HINGGA MASA DEPAN




MAKALAH

PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI GENERASI KETIGA HINGGA MASA DEPAN
OLEH
1.      AMIRUDIN                                   (F1B012009)
2.      BUDIMAN                                    (F1B012021)
3.      M. KURAISH SHIHAB                 (F1B012057)
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MATARAM
                                                   2012/2013

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
   Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat " Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.
            Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan. Orang bisa menggunakan computer dimana saja di rumah, di kafe, di sekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan computer maka hanya bisa di kantor atau di rumah, kalau sekarang mereka bisa menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka mau/inginkan.
       Komputer yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yakni Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, terus Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, selanjutnya Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith yaitu pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik.
       Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan system ajabar Boolean.
1.2 Tujuan
1.      Untuk mengetahui perkembangan teknologi dari generasi III sampai sekarang.
2.      Meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi khususnya computer.
3.      Untuk mengetahui jenis jenis computer yang lebih canggih dan memiliki mutu yang lebih tinggi agar dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efisien.
4.      Memajukan daya pikir manusia agar menciptakan pola pikir inovatif dan kreatif.
5.      Agar manusia mampu untuk menghasilkan computer yang lebih canggih dari yang telah pernah ada.
6.      Agar masyarakat Indonesia tidak ketinggalan dari negara yang lebih berkembang pada saat sekarang.
7.      Dengan mengetahui perkembangan computer, maka masyarakat Indonesia telah mampu untuk berkompetitif secara sehat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bermutu.
8.      Untuk mengetahui sesuatu hal atau objek yang dahulunya tidak diketahui dan dengan adanya computer maka hal tersebut dapat diketahui.

BAB II

PEMBAHASAN

A.   Generasi Ketiga Perkembangan Komputer (1964-1970)
 Komputer Generasi III IBM S/360
       Pada generasi ketiga perkembangan komputer diawali dengan di temukannnya IC (Intergrated Circuit).  Penemuan IC dilatarbelakangi oleh tidak puasnya pada kerja transistor dimana ketika digunakan didalam komputer akan menghasilkan panas yang sangat besar sehingga dapat merusak komponen yang lainnya. IC terbuat dari quarsa rock (batu quarsa) yang ditemukan oleh seorang ilmuwan ahli instrument dari Texas, Jack Kilby yang dikembangkannya pada tahun  1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
            Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
        Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
·         Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
·         Peningkatan dari sisi software.
·         Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
·         Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
·         Penggunaan listrik lebih hemat.
·         Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
·         Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
·         Harganya semakin murah.
·         Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.
·         Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
·         Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yakni: BASIC, FORTRAN, COBOL
·         Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
·         Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
       Sifat-sifatnya:
·         Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
·         Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
·         Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
·         Prosesnya sangat cepat
·         Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
·         Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR
·         Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.







B.     Generasi keempat Perkembangan Komputer (1970-1980-an)
Komputer Generasi IV: IBM 370
      Untuk perkembangan komputer pada generasi ini mungkin sudah dapat disekitar lingkungan kita. Penemuan IC yang spektakuler sebelumnya membuat perkembangan dunia komputer berkembang dengan pesat. Hal ini dengan ditandai dengan ditemukan komponen yang lebih unggul dibandingkan IC beserta turunannya. Komponen yang dimaksud adalah seperti dengan berhasil diproduksinya suatu komponen yang dapat mewakilki beberapa komponen (kapasistanya lebih unggul dari pada IC) yaitu Large Scale Integration (LSI) dimana dapat memuat ratusan komponen dalam hanya sebuah chip. Tak selang berapa lama pada tahun 1980-an kemudian juga ditemukan produk turunannya yaitu,
Very Large Scale Integration (VLSI) yang memiliki kemampuan luar biasa untuk dapat memuat ribuan komponen hanya dalam sebuah chip tunggal. Dan mungkin Ultra-Large Scale Integration (ULSI) yang memiliki kemampuan yang lebih luar biasa untuk dapat  meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat di program.                     
             

                            

      Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan.

      Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,piranti lunak,informasi,dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
              
               Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.Dengan menggunakan perkabelan langsung,yang disebut juga Local Area Network (LAN),atau kabel telepon,jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.








C.   Generasi Kelima Perkembangan Komputer (1980-an-sekarang)

 
 
                                                        Komputer Generasi V: IBM PC
      Mendefinisikan komputer generasi kelima (ke-V) menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.

      Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

      Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana.

      Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

      Banyak kemajuan dibidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

        Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.


D.   Generasi Keenam Perkembangan Komputer (Masa depan)
           Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikro optik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.

      Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.


KESIMPULAN

Secara umum pengertian komputer adalah seperangkat alat eletronik yang mengolah data-data menjadi informasi bantuan instuksi yang dimegerti oleh komputer yang disebut bahasa program. Komputer begitu penting terutama dalam menunjang kegiatan bisnis.
Dengan menggunakan komputer dalam memecahkan suatu masalah, maka akan merasakan manfaat yang besar dalam hal : efisien waktu, biaya dan tenaga, kecermatan dan ketelitian perhitungan, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memecahkan masalah-masalah yang rumit yang tidak dilakukan tanpa menggunakan komputer. Hasil komputer dapat disajikan lebih baik dan menarik.
Komputer bermacam-macam jenis dan ukurannya, tetapi berdasarkan lemampuannya (kecepatan, kapasitas memory dan ukurannya), komputer dapat dikelompokkan, berdasarkan jenis datanya, berdasarkan kemampuannya, berdasarkan segi kehunaannya.
Sejarah perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yaitu Pra generasi (sebelum tahun 1946), Generasi I (tahun 1946-1959), Generasi II (tahun 1959-1965), Generasi III (tahun 1965-1970), Generasi IV (sejak tahun 1970), Generasi V (sekarang dalam tahap perkembangan).







DAFTAR PUSTAKA

http//www.google.com
http//wwwilkipedia.com














DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR…………………………………………………………….....!
DAFTAR ISI………………………………………………………………………...!!
BAB I PENDAHULUAN
1.1         LATAR BELAKANG…………………………………………………...1
1.2          TUJUAN………………………………………………………………....2
BAB II PEMBAHASAN
A.    GENERASI KETIGA……………………………………………………….3
B.     GENERASI KEEMPAT…………………………………………………….6
C.     GENERASI KELIMA……………………………………………………….8
D.    GENERASI KEENAM (MASA DEPAN)………………………………….11
            
KESIMPULAN…………………………………………………………………….12
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………….13




KATA PENGANTAR

            Puji syukur kita panjatkan kehadirat tuhan Yang Maha Esa. Karena berkat rahmat dan ridhonyalah, penulis dapat menyelesaikan makalah Dasar computer dan Teknik  Pemrograman tentang “ Perkembangan komputer dari generasi ke-3 hingga masa depan”. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak IBK Widhiarta,ST.MT. karena berkat bimbingan beliau penulis dapat mengetahui beberapa hal tentang perkembangan computer. Penulis berharap agar makalah yang penulis susun ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Namun penulis sadar bahwa didalam makalah yang penulis susun ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca sebagai referensi atau acuan bagi penulis untuk menulis makalah lainnya di masa yang akan datang.


Mataram, 19 September 2012.

Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar